Nico Okada

Nico Okada Corputra

Lahir di Yogyakarta,  18 Oktober. Tahun dimana Boy melanjutkan studi di Los Angeles. Pada rumah sakit kecil di daerah Kota Baru yang memiliki nama keren DKT.

Nico kecil menghabiskan waktunya untuk bermain di lapangan, dan menyobek-nyobek tabloid Fantasi setelah melihat gambarnya tanpa  membacanya lebih dalam.
Setelah masuk sekolah dasar Nico mulai menyukai komik, dan sering dengan sengaja lupa mengembalikannya di rental buku dekat rumah. Mulai memasuki Novel kala masuk kelas empat. Pada saat sekolah dasar pula yang membuat Nico jatuh cinta dengan Queen terutama We’re The Champions karena sering diputarkan Bapaknya.

Masuk sekolah menegah pertama adalah masa dimana Nico lebih mengenal dan hanyut akan musik. Gandrung dengan Nirvana pada awal-awal masuk sekolah, setelah itu Melodic melanda.
Pada waktu kelas 3 mulai membuat band dengan mengcover Blink 182 dan Greenday dengan kedua teman sekelasnya. Menjadi vokalis sekaligus bassist yang main secara asal-asalan, namun tidak berlangsung lama karena lulus untuk melanjutkan ke SMA.

Lanjut ke Nofx setelah berkenalan dengan teman yang kemudian menjadi sahabat hingga sekarang, pada waktu SMA.
Mulai lebih mencari kebelakang dan menemukan Ramones, seraya mencari orang yang cocok untuk diajakan bermusik.

Tahun 2006 membentuk band pada akhir kelas dua SMA bersama teman satu bangku, Nico Okada menamakannya Wisma Binaria dan berposisi sebagai vokalis dan mulai menulis lirik. Kelas tiga mulai merambah musik indie Jakarta, karena saat itu musik-musik dari ibukota sangat deras di media.
The Upstairs adalah salah satu yang paling kuat menghajar kupingnya, dan mempengaruhi di bandnya kala itu selain The Cure dan Ramones. Akhir SMA itu juga yang membuat Nico mulai rajin menulis, karena mendapatkan kepercayaan dari guru bahasa serta memiliki khayalan absurd berlebih yang kadang-kadang kompleks.

Awal kuliah mencoba lebih mendalami Joy Division, New Wave dan Garage lumayan tak lepas dari playlist winampnya kala itu.
Pada tahun 2008 awal mendengarkan lagu Wound dari The Herpess saat pacarnya siaran, Nico pun langsung jatuh cinta dengan band tersebut yang pernah dilihatnya pada awal-awal SMA namun belum mendalam.

Berkenalan dengan  vokalis dari The Herpess. dikarenakan Nico sering main ke kostnya kemudian diajak band-bandan. Kemudian membentuk band dengannya dan menamakan Subjective Kind of Entertainment karena melihat buku dari Pink Floyd pada akhir 2009. Saat itu pun Wisma Binaria sedang limbung dan ingin bermain ke ranah baru, kemudian berganti nama menjadi Untitled Joy.

Kuliah di jurusan Ilmu Komunikasi pada bidang studi advertising dan selalu ingin mengeksplor kelebihan dalam hal imajinasi maupun mimpi, bersama teman seangkatan yang juga karibnya pernah membuat biro iklan kecil-kecilan untuk memenuhi standar kuliah akhir hingga beberapa saat. Menjadi copywriter lepas seraya mencari naungan untuk merajut mimpi.

Semakin rajin mendengarkan Punk, Garage dan Post-punk. Mulai mendegarkan musik noise dan lo-fi serta masih rajin berkutat dengan dunia musik, film,  iklan, menulis, dan bermimpi hingga sekarang.

PROJECT

2006 – 2009. Wisma Binaria. Band

2009 – ? Subjective Kind of Entertainment. Band. w/ Wisnu Auri

2009 – Kini. Untitled Joy. Band. w/ Adhi Putra, Bagoes Tomo, Dody Prasetyo, dan Maiky Nofriyanto

2009 – 2010. Macan Kampus. Biro Iklan. w/ Dionysius Krisna

2010 – Elegi Dunia Periklanan Indonesia. Buku. Bersama kelompok Chinepile UAJY

2011 – Kini. Oktopus Radio. Founder | Radio Streaming berpatner dengan Nikolas Setiaji

2012 – (Februari-Juni) Universal Entertainment Yogyakarta. Rental Film

PORTOFOLIO

Iklan

Seni Rupa

Puisi

CONTACT

Alamat   : Jl. Kaliurang Km 6,5 Gg. Timor-Timur D-01 Sleman, Yogyakarta

Ponsel     : 0813 2847 8199

Surel       : derasdesah@yahoo.com

Twitter   : @individurban

“berbagi imaji berbaur mimpi”

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: